Manajemen Layanan Teknologi Informasi PT. Pos Indonesia Persero
Manajemen Layanan Teknologi Informasi PT. Pos Indonesia Persero
Ida Bagus Bayuna Rama
13116366
2KA05
1.Service Strategy PT.Pos Indonesia
PT Pos Indonesia memperluas jaringan inovasi setelah melakukan kerja sama strategis dengan perusahaan lain yang punya misi serupa dengan Pos Indonesia. Hal ini sejalan dengan tiga key success agar bisnis Pos Indonesia lebih kompetitif yakni agile (lincah), adabtable (mudah beradaptasi) dan speed (kecepatan).
Saat ini perusahaan sedang melakukan Brand Rejuvanetion (re-branding), terutama pada bisnis jasa kurir. Salah satu strategi yang akan ditempuh adalah campaign melalui sarana kerja yang bersifat mobile dan dapat dengan mudah dilihat langsung oleh masyarakat luas, yaitu sarana kerja pengantar pos atau yang lebih dikenal Pak Pos atau secara branding dikenal dengan Mr. Postman.
2.Service Design PT.Pos Indonesia
Proses perancangan service design yang dilakukan pada penelitian ini yaitu meliputi proses service catalogue management dan service level management. Kedua proses perancangan service design tersebut akan dilakukan pada layanan angkutan penumpang dan menghasilkan dokumen service catalogue, service portofolio, service level agreement, operational level agreement dan service level requirement.
3.Service Transition PT.Pos Indonesia
Ø Project Management
layanan surat kilat khusus, menggunakan layanan track and trace atau jejak lacak.
Ø Aplication Development
Layanan berbasis IT yang digunakan oleh PT Pos Indonesia adalah dengan menawarkan konsep pelayanan integrated mail, logistic, and finance servies pada setiap layanannya kepada masyarakat.
Ø Service Asset dan Configuration Management
Setiap Transaksi yang terjadi akan langsung dicatat untuk menghindari adanya miss komunikasi.
Pengertian Service Operation PT.Pos Indonesia
Ø Event Management
Pembangunan Postshop yang merupakan pengembangan bisnis ritel yang diimplementasikan untuk merubah image Kantorpos konvensional menjadi Kantorpos modern dengan pola layanan one stop shopping, yaitu Postal Services (jasa ritel) berupa layanan pengiriman surat, paket, jasa keuangan, penjualan Postal items (meterai, prangko, produk filateli dan lain-lain), layanan Online Shopping.
Ø Acces Management
Setiap pelanggan memiliki sebuah airwaybil sebagai alat akses untuk melihat status barang kita.
Ø IT Operation
Anda tak perlu datang ke kantor pos, cukup mengunduh aplikasinya di smartphone dan segala layanan pos sudah bisa dilakukan.
Barang atau surat bisa di Tracking menggunakan smartphone .
5.Continual Service Improvement PT.Pos Indonesia
Ke depan, Pos Indonesia, senantiasa merelevankan kapasitas dan kompetensi semua kekuatan terhadap apa-apa yang menjadi relevan di depan bagi bisnis perseroan. Perseroan saat ini tengah fokus dan concern terhadap langkah-langkah apa saja yang akan dilakukan agar bisnis Pos Indonesia bisa bertahan di tengah persaingan yang begitu ketat sehingga mampubertahan di masa mendatang.
Daftar pustaka :
http://www.posindonesia.co.id/
https://gudeg.net/read/5460/pt-pos-indonesia-manfaatkan-layanan-berbasis-it.html
https://komite.id/2016/04/29/reposisi-pt-pos-indonesia-di-era-digital/
Leave a Comment